Senin, 26 September 2011

tips mengatasi persaingan untuk pejualan produk

“Tidak selamanya produk yang unik bisa membuat konsumen tertarik.”
Tingginya tingkat persaingan bisnissaat ini mendorong sebagian besar pelaku usaha untuk saling berlomba dalam menciptakanproduk baru dengan desain yang unik dan menarik. Meskipun begitu, pada dasarnya memiliki produk yang unik ternyata tidak lantas memberikan jaminan kesuksesan bagi para pelaku usaha. Keunikan sebuah produk tidak akan diketahui masyarakat luas, tanpa adanya strategi jitu untuk mendukung pemasaran produk tersebut. Karena itulah, pada kesempatan kali ini akan kami informasikan kepada para pembaca tentang beberapa tips jitu untuk memasarkan produk unik.
  • Informasikan keunikan produk Anda pada lingkungan sekitar
Sebagai langkah awal bagi Anda untuk mempromosikan produk unik ke pasaran, bisa dilakukan dengan cara menginformasikannya kepada orang-orang di sekitar Anda. Misalnya saja mulai dari lingkungan keluarga, teman dekat Anda, tetangga rumah, sampai rekan kerja Anda di kantor. Dengan memanfaatkan word of mouth(strategi pemasaran dari mulut ke mulut) maka peluang bagi produk Anda untuk bisa diketahui masyarakat luas semakin terbuka lebar. Karenanya, ciptakan keunikan baik dari segi rasa maupun bentuknya, agar orang di sekitar Anda tidak segan untuk menginformasikannya kepada orang lain.
  • Memilih media yang tepat untuk mempromosikan produk Andasosial media 200x200 Tips Jitu Untuk Memasarkan Produk Unik
Selain memulainya dari lingkungan terdekat, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan media promosi untuk mempublikasikan keunikan produk tersebut kepada khalayak ramai. Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi cukup memudahkan para pelaku usaha untuk memilih media yang paling tepat guna mendukung pemasaran produknya. Baik media promosi online maupun media offline kini bisa Anda manfaatkan untuk menjaring banyak konsumen. Misalnya saja melalui media sosial seperti facebook, twitter, atau bisa juga memasang iklan di berbagai majalah, surat kabar, radio dan televisi. Semakin sering Anda mempromosikan produk tersebut, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk menarik perhatian konsumen.
  • Melakukan optimasi untuk membangun loyalitas konsumen
Meskipun produk Anda sudah terbilang unik, namun tidak ada salahnya bila Anda selalu melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Strategi ini sangatlah penting, mengingat faktor keunikan saja tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jadi, alangkah baiknya bila Anda melengkapi keunikan tersebut dengan kualitas produk yang bagus serta memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Sehingga loyalitasnya tetap terjaga dan tidak berpaling ke produk lainnya yang ada di pasaran.
Semoga tips pemasaran bisnis untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

sumber: http://bisnisukm.com/tips-jitu-untuk-memasarkan-produk-unik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar