Sabtu, 15 Februari 2014

hai blog ku... :')

baru ingat punya blog ini setelah mau bikin toko online...
dan ternyata perlu belajar pelan-pelan buat bisa bikin toko online... nggak segampang yang di bayangkan sebelumnya... setelah pusing browsing sana sini dan mentok.. pusing sendiri... curhat ke blog nih aja sepertinya enak nya.. 

setelah susah payah 7 tahun menyelesaikan studi di Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Lambung Mangkurat, dan mendapatkan waktu yang benar-benar leluasa untuk 24 jam berfikir, berimajinasi, makan , tidur, menikmati kebebasan ini... sampailah ke tahapan terombang ambing menenukan arah hidup...

sebagian besar orang bingung karena ga tau passion nya apa, sesuatu yang benar-benar disukainya apa, yang benar membuatnya menikmati proses jatuh bangun... di menjelang penghujung masa studi ku akhirnya mendapatkan hidayah untuk ke arah mana yang membuatku benar-benar bahagia.

godaan memang luarbiasa untuk menguji kebenaran passion kita ternyata... godaan tawaran kerja disana sini dari koneksi orang tua ataupun teman.. ya mungkin mereka juga mulai khawatir si mahasiswa abadi yang mau sarjana ini mau jadi apa dan jangan sampai nganggur mungkin. ya.. ku hargai perhatian mereka, namun terus ku beri pengertian ke mereka kalau biarkan aku menentukan arah hidupku... biarkan untuk kali ini aku bertanggung jawab akan pilihanku... 

saat mereka berebut untuk masuk tes PNS demi masa depan yang terjamin atau melamar kesana kemari di perusahaan demi gajih 3,5jt-5jt sebagai fresh graduate.... si bagus herdimas ini tetap bersikeras untuk berwirausaha... walaupun masih belum fokus wirausaha apa yang benar-benar asik dan menghasilkan keuntungan melesat.

saat semester akhir memang pernah memaksakan diri berwirausaha dengan modal nekat, yang benar-nekat. selain karena pelarian dari putus asa proposal skripsi yang tak kunjung di acc pembimbing, tapi juga karena pemikiran sebelum wisuda akan lebih keren bila sudah memiliki usaha yang sudah jalan, sehingga tinggal mengembangkan dan membesarkan usaha itu saja setelah wisuda.

tapi ya memang benar ada filosofi "manusia hanya bisa berencana, Tuhan lah jua yang menentukan" , bukan bermaksud mengambing hitamkan Tuhan , bukan nya seperti yang d harapkan malah di saat "injuri time" semua usaha yang ku dirikan dengan susah payah dan dengan benar-benar nekat itu di "police line" degan ayahku, dangan statement beliau yang membuatku akhirnya meurungkan niat sukses sebelum wisuda : "walaupun kamu memiliki penghasilan puluhan juta sekalipun per bulan tidak akan membuatku bangga, aku lebih bangga anak ku menyelesaikan studi nya hingga berstatus sarjana, itu lah lambang kesuksesan ku mendidik anak".

Seketika ku vacum kan usaha katring mahasiswa ku ( punya 10 langganan dan 1 pekerja) yang berjalan 6bulan, jual beras berbagai macam varietas (2 pekerja, menyuplai beras ibu-ibu di komplek tempat ku tinggal , sampai benar-benar backup kebutuhan beras di komplek ini, menyuplay 3 rumah makan, ini juga bertahan 6 bulan sekitar 2ton beras terjual), jual beli hape second dan baru pulsa elektrik dan perdana (sampai lupa berapa handpone yang berhasil ku jual). ya walaupun ini masih bisa di bilang usaha skala kecil untuk skala mahasiswa, tapi sebelum ku putuskan vacum ini sudah progress berkembang dengan strategi manajemen dan pemasaran bisa lebih baik lagi setelah wisuda.

sampai tulisan ini di buat aku sekarang hanya fokus ke toko online yang baru saja ku temukan nama yang benar-bear mencerminkan diriku.. hahaha. bertahap semoga yang kurencanakan kali ini benar-benar membawaku menuju ke sukses yang kuharapkan. Karena sampai saat ini realisasi untuk membuka toko sungguhan belum ada bayangan modal yang di dapat darimana. setidaknya ini langkah awal sebelum ada dana segar yang masuk ke kas untuk mewujudkan nya. 

bukan dengan tidak mempunyai modal uang yang dikhawatirkan untuk berwirausaha, tapi khawatirlah bila tidak mempunyai ide usaha  dan konesi relasi untuk menjalankan nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar