Senin, 17 Februari 2014

hemat batrai samsung ace s5830

Kali ini saya akan mencoba membahas samsung Galaxy Ace s5830 ,dari spesifikasi nya yang hingga sekarang masih membuat nya bernilai adalah teknologi layar yang di gunakan. Sempat di isue kan menggunakan corning gorilla glass edisi pertama, namun sampai akhirnya memang teknologi layar antigores nya memang bagus, namun teknologi yang di kembangkan oleh samsung sendiri mirip seperti corning gorilla glass. Saya sendiri baru membuktikan sendiri di samsung ace saya tercinta ini setelah 2 tahun menggunakan nya degan anti gores tambahan, dan sekarang tanpa menggunakan antigores tambahan pun aman dari goresan dari pemakaian wajar.

Untuk penggunaan sekarang memang benar-benar harus di siasati dalam manajemen aplikasi akibat prosesor nya yang masih single core 800mHz dan ram masih 275Mb ( menurut saya sekarang minimal smarthphone android dual core 1Ghz prosesor dan 1Gb Ram untuk lancar ber sosial media dan chat yang populer digunakan sekarang). Tapi jangan sedih bro... "banyak jalan menuju roma" , hehehehe , kali ini saya akan coba ngasih trik dasar buat yang masih mencintai ace nya dan sayang untuk jual karena harga bekas nya yang bikin terharu kalau di tawar ponsel... hehehe

Asik nya android kalaupun kita memiliki dana terbatas masih bisa kok memaksimalkan kinerja android yang mampu kita beli. "smartphone for smart user"  , ya kecuali kalian memang punya keuangan yang berlebih dan mampu beli android dengan spek yang tinggi ya nggak perlu repot oprek ini itu... :')

Memang ada beberapa metode untuk oprek nih ace yang trik dasar dan untuk yang advance, kali ini yang dasar nya aja dulu ya, soal nya entar bisa di ketawain para master penjelasan ku yang pemaparan advance.. hihihii, berikut beberapa tips dari saya :


  • Wajib root dulu ya ace nya :))  
  • Pakai firmware terbaru ( sampai saat ini sih masih mentok nya di ginggerbread 2.3.6) bisa di dapat disini-> link

  •  Install Titanium backup premium 

  • Ini mau nggak mau ya kalau mau enak makai ace nya wajib hapus FB, google maps, radio, live wallpaper, internet browsing, thinkoffice, yahoo finance, google talk, swipe keyboard (jangan ngeluh dulu, coba aja, rasakan dulu perbedaan dan kenyamanan nya setelah bersih dari aplikasi-aplikasi di tadi, dan pasang Line, Whatsapp dan twitter bersamaan. kalau mau pasang BBM ya mau nggak mau harus ada lagi aplikasi lain yang di korbankan. Kecuali hanya pasang BBM dan Operamini saja di ace nya. Gunakan skala prioritas antara yang penting dan sangat penting yang mana demi kelancaran menggunakan ace kita. Karena menurut saya aplikasi yang sangat mengerikan memakan Ram adalah Facebook dan BBM. Kalau memang buat anda Facebook, BBM, Line,Whatsapp, Path, dan twitter, mugkin memang saat nya anda membeli yang baru dengan minimal spesifikasi dualcore prosesor 1Ghz dan 1Gb ram. Karena disini saya mencoba membantu memaksimalkan smarthpone jadul yang mulai renta dan minta di optimalkan :') . nanti kalau mau di balikin ke asal, flash aja lagi firmware ginggerbread 2.3.6 tadi )

  • Setelah selesai uninstall aplikasi sistem menggunakan Titanium back up, uninstall juga titanium back up nya, nikmati ringan nya ace anda sekarang ( tiap uninstall aplikasi sistem dengan titanium back up akan restart otomatis, itu wajar, terus saja lanjutkan uninstall lagi)

  • Perbedaan yang sangat terasa selain di resposive , juga di konsumsi batrai. saya hanya memasang line dan whatsapp di ace saya menggunakan jaringan HSDPA dengan kualitas sinyal cukup stabil dan selalu penuh bar nya mampu bertahan 10-12 jam dengan chat cukup aktif. bandingkan dengan penggunaan anda sebelum nya untuk beratahan 6jam saja susah kan?  kalau mau dengarkan musik biasakan menggunakan mode terbang, ini sangat besar pengaruhnya ke konsumsi batrai. atau kalau anda mau agar batrai mampu bertahan 1 1/2 hari ( -+30 jam) gunakan jaringan di hanya GSM / EDGE only. Trust me, its work... :)) 






  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar