Senin, 17 Februari 2014

mengatasi masalah di Galaxy ACE s5830

Samsung Galaxy ACE S5830 merupakan salah satu produk android samsung yang cukup fenomenal di zaman nya. Walaupun sekarang di awal 2014 sudah terasa teknologi yang di gunakan cukup usang. Menurut saya ada beberapa produk android samsung dari zaman ke zaman yang fenomenal, ada Galaxy S2 , Galaxy Ace, galaxy mini. mengapa fenomenal? karena kalau di perhatikan fans page nya di grup sosial media masih banyak pengguna setia dari tiga produk samsung tersebut .

Tips kali ini buat yang bermasalah boothlop dengan ace nya, berikut beberapa solusi ampuh untuk mengeksekusi sendiri tanpa ke tempat servis, ini yang  harus di perhatikan :

  • Batrai Wajib terisi penuh kalau mau flash. Banyak yang bilang minimal 50% atau 70% , tapi menurut saya lebih baik di kondisi batrai full, untuk mengantisipasi kemungkinan gagal flash karena file firmware (program indi android) rusak atau firmware yang kita flash kurang sesuai dengan yang kita harapkan, jadi untuk mengulangi proses flash lagi kondisi batrai masih bisa lanjut. Kalau batrai sampai ga cukup dan nggak kuat ngangkat buat ngeflash benar-benar jadi mimpi buruk deh, ace mu tercinta akan brick, mati total, dan nggak bisa di flash secara normal ( nanti semoga bisa memamaparkan tentang solusi brick kalau ada waktu lagi buat nulis ya.. )
  • Download file firmware. kalau batrai full masih gagal flash juga (stuck sampai logo samsung aja dan balik lagi nge restart) , perlu di curigai file firmware yang di download corrupt / rusak, alias ga sempurna downloadnya akibat koneksi yang terputus mungkin. Wajib sabar deh download ulang firmware lagi. Klik ini -> link download nya. (daftar akun nya dulu ya di samfirmware , kemudian search di kolom kanan atas s5830, cari yang negara asia tenggara yang paling baru)
  • Coba deh cek driver nya , walaupun sama-sama merk samsung tapi tiap seri nya bisa berbeda-beda driver nya loh. Tapi untuk si ace ini sama driver nya dengan punya galaxy mini dan galaxy gio.. nih -> link  download driver samsung ace s5830 ( setelah install driver wajib restart laptopnya )   
  • Matikan semua antivirus di laptop buat, karena bisa menghambat proses flasing.
  • Perhatikan kabel data yang digunakan, tidak semua kabel data selain dari samsung bisa deteksi ace kita di laptop
  • Pastikan USB debuging di conteng (di pengaturan-> pengaturan aplikasi-> pengembangan)     
  • kalau sampai semua cara di atas masih gagal , download file firmware ace nya  yang seri ginggerbread 2.3.4 (yang isi file zip nya ada 4, APBoot+code+csc+medem+) , karena saya pernah mengalami ini dimana firmware Ginggerbread 2.3.5 dan 2.3.6 file firmware nya hanya onepack. Setelah selesai flash dengan firmware ginggerbread 2.3.4 baru kita flash lagi dengan ginggerbread 2.3.6 
  • Sebenarnya kakau susah dapat firmware ginggerbread 2.3.4, bisa dengan masuk CWM mode. Jadi saat menghidupkan bila stuck sampai logo dan balik restart lagi, coba cabut batrai sebentar , pasang lagi, kemudian than tombol home + on/off (tunggu sampai keluar tampilan bertulisan biru). Pilih factory resset/clear data dan clear cache. Kemudian reboot, selesai. Insyalllah ini jurus terakhir mengatasi bootlop (stuck sampai logo samsung dan restart lagi berulang-ulang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar