Minggu, 16 Februari 2014

cara menemukan passion

Di blog yang benar-benar sederhana ini aku mau coba berbagi bagaimana cara menemukan passion. Untuk yang masih belum tau passion itu apa, kali ini saya akan coba memaparkan definisi nya menurut saya dan beberapa contoh kasus di kehidupan nyata.

Passion merupakan pilihan hidup, sesuatu yang membuat kita benar-benar menikmati proses nya baik dalam kondisi sulit sekalipun dalam menjalani nya untuk kembali bangkit ke posisi yang seperti di harapkan. Tidak ada rasa lelah dan jenuh dalam menjalani nya walaupun di kondisi 24jam waktu pun di rasa kurang dalam sehari. Ini arahnya ke kebagiaan dan kepuasan batin.

Keinginan  mencoba membahas masalah ini karena kondisi di kehidupan nyata yang tidak sedikit orang yang tidak tau apa passion nya? apa yang membuat nya bahagia? apa yang membuat kamu benar bahagia lahir batin. Karena juga ada yang menganggap sesuatu yang disukainya dan yang di nikmati nya dalam menjalani tidak disadarinya bahwasanya itu merupakan potensi dan bakat lahir kita.

Passion kita tak harus sama seperti umum nya orang miliki, tak mesti sesuatu yang lazim di lakukan orang, karena passion ini sangat berkaitan erat dengan keberuntungan kita mendapatkan kesuksesan alam usaha yang kita jalani. perhatikan orang-orang sukses yang kalian tau, coba cari referensi tentang mereka , sejarah hidup mereka, perhatikan hal yang membuat mereka sukses... ya... sampai akhirnya hal yang mereka senangi dalam mengerjakan nya, apapun itu. Kegagalan tidak menghentikan mereka mengerjakan yang mereka sukai.

Ada passion yang bahkan kita sendiri remehkan namun jangan terkejut bila hal itu yang membuat kalian dekat dengan keberuntungan. Apaguna manajemen keuangan yang bagus, peluang usaha yang jelas menguntugkan, modal financial dan non financial yang kuat , tanpa keberuntungan dalam melakukan nya? nonsen ! , berikut contoh kasus yang aku pernah temui :

  • Suka shopping. sekilas seperti buang-buang uang , mubazir, nggak penting ataupun apapun itu istilah nya dari sudut pandang negatif. Kalau kalian jeli, punya kesenangan seperti ini mengarahkan dengan membuka pola pikirnya untuk kenapa tidak bisnis konveksi, jual beli baju,kain,dan sebagainya. bila memiliki modal besar membuka butik desain baju yang limited, pasti akan menarik dan bisa mengejutkan anda akan progresss nya. Untuk yang tidak memiliki modal? buat toko online, jadi resseler, dengan menjual kepada teman-teman kita saja untuk tahap awal, promosi gratis dari mulut kemulut asalkan punya kualitas dan harga yang oke, jangan terkejut bila akan benar- benar menikmati kesibukan di dunia fassion yang kalian sukai ini.
  • suka ngutak atik software atau komputer. betah berjam-jam bongkar barang elektronik, bahkan sampai begadang ataupun menghilangkan stress dengan ngutak atik barang elektronik yang kadang tidak rusak sekalipun. cobalah beranikan diri tanpa pikir panjang tekuni bidang ini dengan bahkan merintis nya dari tanpa modal, dari pengalaman yang sebelumnya sudah anda lakukan. Pastinya anda memiliki koneksi di grup-grup sosial media untuk diskusi dan memecahkan masalah yang nanti mungkin akan kalian temui. Mungkin dengan membuka jasa install ulang windows, promosikan di sosial media, dan bersiaplah.. karena juga banyak yang malas atau bahkan belum bisa untuk install ulang windows. Dengan bertahap berkembanglah merambah ke hal yang lebih luas jangkauan keahlian maupun jualan yang akan di lakukan. tak usah terlalu di pikirkan, jalanilah saja, hingga akhirnya banyak yang akan kalian tidak disangka-sangka untuk membantu besarnya usaha kita.
  • Suka main game online. saya benar-benar iri dengan orang yang bisa berjam-jam menghabiskan waktunya untuk game online , karena kebetulan saya bukan gamers namun punya banyak teman gamers sehingga mengamati mereka, menikmati permainan tapi juga bisa menghasilkan uang dengan menjual item-item di game-game itu. karena kalau kita bukan di passion ini benar-benar melelahkan dalam sehari bermain 6-12 jam menghabiskan waktu di depan komputer. dengan intensitas dan kontinue itu bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit dan bisa jadi modal kita secara financial tanpa pinjam ke relasi atau bank sekalipun. ya hanya saja kadang para gamers tidak sampai kepemikiran untuk investasi usaha dari uang yang mereka hasilkan sendiri dari hal yang di sukainya. tidak harus usaha yang menurut kebanayakan orang besar peluang keuntungan nya. mungkin sebagai contoh usaha yang bisa kalian jalankan buka usaha warnet atau hotspot area yang sesuai dengan apayang kalian inginkan, karena kalian lebih mengetahui kondisi kenyaman game online bagaimana baik secara koneksi maupun secara tempat, bahkan hingga asesoris yang berhubungan menunjang kenyamanan bermain game.
  • Punya kesukaan gonta-ganti handphone. Mulai dari yang murah meriah di saat kondisi finansial tidak memungkinkan , hingga telah memiliki finansial yang cukup untuk gonta-ganti yang bagus. Kebetulan aku termasuk di passion ini. aneh namun bila di jabarkan apa usaha yang bisa di jalani dalam kesukaan yang aneh ini. yang paling mendasar dengan jual pulsa elektrik, jual beli handphone bekas yang percaya atau tidak merupakan usaha yang cukup menggiurkan sebenarnya dari sisi keuntungan pun jauh lebih besar dari penjualan handphone baru. dengan asumsi penjualan handphone baru keuntungan yang di dapat per item hanya Rp5000- Rp15000 (standar penjualan di daerah satya kalimantan selatan) , bila melebihi standar itu akan cukup berat bersaing di pasaran dan plaza handphone besar karena mereka bermain dengan modal besar dan kerja sama dengan distributor pusat pengorderan barang dalam skala besar sehingga harga berbeda. untuk handpone bekas percaya atau tidak per item mencapai Rp 50000- Rp 100000. ini atas pertimbangan mereka menekan harga habis-habisan kepada orang yang ingin menjual atau tukar tambah handphone nya, dan waktu terjual nya barang itu. karena setiap bulan harga second nya pasti terus turun. bila barang cepat terjual mereka untung besar, bila lama baru terjual mereka masih untung tipis. brikutnya biscara dari asesoris, buka wawasan kalian untuk berimajinasi asesoris apa yang sekarang di butuhkan, apa kekurangan asesoris yang ada di pasaran sekarang. dengan memproduksi suatu produk "home made" akan berkesan ekslusif dan buat untuk limited edition. namun tetap perhatikan "ada harga ada rupa", mau jual mahal ya yakinkan pembeli produk yang kita buat memiliki kualitas dan pertaruhkan reputasi kalian untuk menjamin produk yang kalian jual.
mungkin sementara ini dulu contoh yang aku paparkan, nanti bila ada waktu akan aku coba bagikan lagi cerita dan contoh passion yang aneh yang mungkin kalian miliki tapi kalian masih bingung apa yang harus kalian lakukan dengan hal itu untuk masadepan kalian.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar