Minggu, 16 Februari 2014

penting nya wirausaha di masa-masa mahasiswa

Pernah sedikit menyesali kenapa baru di saat semester akhir baru memiliki keinginan berwirausaha. Karena selain bisa nambah uang jajan waktu masa-masa kuliah, sebenarnya menurut ku wirausaha ,bisnis, dagang , enterprenuer atau apapun istilah mereka dalam melakukan transaksi jual beli di saat kuliah tanpa di sadari akan menjadi pondasi yang menjanjikan setelah sarjana. 

Ini berawal dari beberapakali mengikuti seminar-seminar wirausaha yang di adakan oleh organisasi di kampus. dan benar-benar membuka wawasan akan asik nya berwirausaha dan kontribusi wirausaha bagi bangsa.

Pertama motivasi timbul dari cerita tentang saat masa krisis ekonomi di bangsa kita 1998-1999, kerusuhan di berbagai daerah, pengangguran terus meningkat, perusahaan banyak yang gulung tikar, tapi UKM (Usaha Kecil Menengah)  yang awalnya di pandang sebelahmata malah yang menjadi titik balik bangkitnya perekonomian bangsa. Perlahan dengan manajemen keuangan yang rapi dan inovasi cerdas putra bangsa menggeliat terus berkembang dan terus membuka lapangan pekerjaan. Ini yang membuatku memliki mimpi untuk menjadi "Pembuka lapangan Pekerjaan , bukan pencari kerja" , hingga anti mainstream untuk benar-benar mengatakan tidak untuk menjadi pegawai negri sipil (yang sampai sekarang jadi pekerjaan primadona di mayoritas penduduk bangsa kita) dan kerja di perusahaan asing ( kasar nya ini seperti kembali ke zaman penjajahan dengan memperkerjakan penduduk pribumi dan membiarkan bangsa lain mengeruk kekayaan alam negri ini). bahkan pengusaha-pengusaha besar mengatakan bila suatu negara bisa mencapai 2% penduduknya merupakan pelaku wirausaha, maka makmur lah perekonomian suatu bangsa. contoh nyata adalah singapura negara yang tak lebih besar dari pulaku kotabaru di kalimantan selatan ataupun pulau bali itu benar-benar bisa menjadi negara yang maju dan sejahtera. ya mungkin karena wilayah negara kita yang terlampau luas sehingga untuk mencapai 2% penduduk berwirausaha pun sangatlah sulit.

Kedua, merasa tertantang bahwa wirausaha bisa tanpa sepeserpun kita mengeluarkan uang. wirausaha tanpa modal. Awal nya bingung, namun ternyata ini benar ! , modal uang itu bukan skala prioritas utama dari wirausaha. malahan aku pernah dengar istililah, "Wirausaha sejati dan ulung akan merasakan sensasi kepuasan luarbiasa bisa menaklukkan suatu ide bisnisnya dengan semakin minimal uang yang di keluarkan dari kantong nya sendiri".

Ini ada beberapa tips untuk wirausaha pemula yang masih terlalu banyak pertimbangan dan masih berkutat dengan permasalahan modal uang :
  • prioritas utama yang harus dilakukan adalah mengamati permasalahan dan apa yang di butuhkan di lingkungan kampus, atau lingkungan rumah tempat tinggal, hingga di kota tepat tinggal kita. tidak harus menciptakan sesuatu yang benar-benar baru, namun bisa dengan memodifikasi yang sudah ada di pasaran. 
  • relasi, ini jauh lebih penting dari modal uang. bahkan aku berani bilang "kita tidak punya uang kita masih bisa mendirikan usaha, tapi bila kita tidak memiliki relasi selesai lah sudah" . "Royal lah dengan teman terlebih dahulu untuk membuat mereka royal dengan kita, bila pun akhirnya mereka tak se royal kita, ini merupakan investasi yang tanpa disadari nanti akan benar-benar berguna". "relasi bisa jadi investor utama maupun konsumen produk kita". bagaimana mereka mau berinvestasi dengan kita? coba ingat-ingat lagi memang apa yang sudah kita berikan ke mereka? pernah kah kita traktir mereka? pernahkah kita menolong mereka? disini benar-benar terasa " hukum hubungan sebab akibat ".
  • "bertemanlah dengan semua kalangan, walaupun tak semua adalah sahabat" . disini posisi sahabat lah yang di posisi penting dalam usaha yang kita lakukan , namun teman berfungsi untuk memperluas wawasan dan jaringan. dengan sahabat loyalitas lah tanpa batas.
  • sebagai contoh aku pernah jual beras dengan menjadi suplayer 3 rumah makan, backup konsumsi beras di komplek rumah saya, hingga mengembangkan nya untuk usaha katring yang mencapai 10 pelanggan (ya lumayan lah progress untuk pemula.. hehehe). Ini  aku jalankan dengan modal awal 3,5jt dengan modal seluruh nya dari teman saya. saya hanya modal tenaga , inovasi, dan ilmu komunikasi ( bakat lahir... hehehe). bagaimana itu bisa didapat? ini benar-benar mempertaruhkan reputasi saya akan kepercayaan mereka 3 orang teman lama saya yang sudah terlebih dulu sukses dan bukan masalah besar kalaupun kehilangan uang masing-masing 1jt. dengan meyakinkan mereka akan konsep bisnis yang saya buat dan progress kedepan yang saya rancang, membuat mereka menyepakati dengan konsekuensi dari saya tiap bulan transfer ke rekening mereka 5% ( walaupun mereka awalnya mereka tidak mau menerima itu karena pertemanan kami yang sudah cukup lama, tapi bisnis ya bisnis, teman ya teman.. hehehe). walaupun akhirnya setelah 6 bulan harus vacum karena benar-benar harus konsentrasi menyelesaikan penelitian dan skripsi, demi orang tua tercinta :')
  • semoga ini bisa menjadi inspirasi buat wirausaha muda pemula yang punya tekat yang kuat dan "berani melawan arus"


Beberapa alasan kenapa penting berwirausaha di masa-masa kuliah:
  • yang namanya bisnis atau wirausaha ada saat "up and down" ,  kalau kita sejak muda sudah merasakan pahit manis usaha , juga jatuh bangun nya,  setelah sarjana misi kita hanya tinggal mengembangkan dan membesarkan yang sudah ada.
  • kita bisa sambil mencari apa passion kita sebenarnya. karena tidak mudah menemukan passion. perlu melakukan banyak hal dan merasakan sendiri yang mana yang benar-benar bahagia kerja keras melakukan nya. 
  • bisa melakukan nya sambil bersenang-senang tanpa ada tekanan harus sukses atau berhasil dalam menjalankan. karena kalau kita sudah sarjana waktu sudah semakin sempit , tekanan status sarjana akan membuat banyak pertimbangan untuk menjalankan usaha itu. semakin banyak pertimbangan semakin berat mengeksekusi ide brilian kita.
  • bisa membuat produk atau menjual nya dengan mengamati masalah yang ada di lingkungan kampus ataupun permasalahan teman-teman dan kita memberikan solusi. ini bisa jadi langkah awal mempertajam insict kita untuk ke bisnis yang lebih matang di masa berikut nya.
  • di masa kuliah banyak sekarang yang memfasilitasi untuk permodalan. entah dari program fakultas, universitas, maupun pihak swasta. informasi ini bisa di dapat di organisasi internal maupun eksternal kampus. sebagai contoh ada PMW ( Pekan Mahasiswa Wirausaha) , PKM (Pekan Karya Mahasiswa), Wirausaha muda Mandiri ( dari bank mandiri) , dan banyak lagi.. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar